GuidePedia

0
Pada kesempatan Saya kali ini, Saya akan membahas cara mengubah dari sebuah ukuran halaman
di Blog. Ya mungkin yang Anda ketahui adalah seperti body,main,sidebar,dll. Sebelum itu Saya
akan menjelaskannya apa itu bagian - bagian di halaman tersebut dan ini adalah contoh gambar
dari halaman tersebut atau kita sebut tata letak di menu blog kita :




Pada gambar di atas itu hanya contoh dari desain tata letak dari blog kita.
Dan Saya akan menjelaskan bagian - bagian halaman tersebut :
1. Body ==>> Bagian yang ada di paling belekang yang mencakup keseluruhan sebuah template
2. #outer-wrapper ==>> Bagian letaknya di depan body yang berisi elemen-elemen seperti #header, #main-wrapper, #sidebar-wrapper, dan #footer-wrapper
3. #header ==>> Tempat bagian yang mengisi Judul blog kita,Deskrip judul blog kita dan gambar background.
4. #main-wrapper ==>> Bagian yang satu ini isinya tentang artikel yang kita tulis atau post dan kotak komentar
5. #sidebar-wrapper ==>>Bagian yang satu ini isinya ya widget-widget yang biasa atau gadget.
6. #footer-wrapper ==>> Sama saja dengan sidebar dan letaknya ini di bawah #main-wrapper dan
#sidebar-wripper.

Sudah taukan bagian - bagiannya dan penjelasannya.
Nah sekarang langsung saja kita mengubah salah satu bagian tersebut dan inilah langkah - langkahnya :
1. Terlebih dahulu login dulu blog anda, hukumnya wajib. :v
2. Setelah login silahkan menuju menu template.
3. Kemudian edit HTML.
4. Sebelum di ubah ,back up dulu script HTML Anda.

5. Saya akan mengubah ukuran bagian "#main-wrapper". Klik kiri di sebarang kolom HTML, kemudian tekan ctrl + f, untuk mencari tulisan "#main-wrapper".

Oh ya sebelum itu Saya menunjukan gambar ukuran "#main-wrapper" Saya. Ini dia :




6. Jika sudah ketemu silahkan ubah widhtnya, ini script HTML punya Saya  :

#main-wrapper{width:67%;float:$startSide;word-wrap:break-word;overflow:hidden;}

Silahkan ubah widhtnya.

7. Saya mengubahnya menjadi 55. Jika sudah, simpan template dan lihat hasilnya.
Ini hasil punya Saya :





Mudah bukan?. Nah silahkan di coba. :)

Demikian dari postingan Saya kali ini , terima kasih telah menyimak, semoga bermanfaat untuk kalian semua jika ada yang kurang tolong di tambah dengan saran dan jika ada yang salah tolong di maafkan. Terima kasih.

Posting Komentar

 
Top