GuidePedia

0
Pada kesempatan Saya kali ini, Saya akan membahas tentang pengenalan komponen PC. Apa saja itu? , mari kita simak.

Komponen PC adalah bagian – bagian yang terdapat dalam PC, komponen dasarnya mulai dari Cassing, motherboard, prosessor, memori,harddisk, ploppy drive, CD-ROM / DVD-ROM,dll. Oke langsung saja membahas satu persatu dalam sebuah komponen tersebut.

1. Cassing 
  Casing CPU adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan komponen - komponen yang lainnya. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.



Fungsi cassing CPU adalah :
- Menyelubungi semua komponen PC dalam satu kotak besar.
- Mencegah diri pemakai dari sengatan arus listrik saat menyentuh PC yang sedang menyala.
- Melindungi berbagai komponen - komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan - benturan fisik yg kita tidak inginkan.
- Casing juga begitu penting karena hampir semua perkakasan seperti prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.
- Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.
- Casing computer yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bagian casing agar casing computer anda menjadi menarik
- Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai “dudukan” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.



Ini bagian – bagian port dari belakang cassing CPU :
a). Port Kabel Power/ Power Supply
Port power supply yang digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam CPU. Secara fisik power supply untuk komputer berbentuk kotak yang dilengkapi dengan fan (kipas pendingin). Pada bagian tertentu terdapat kabel-kabel untuk mengalirkan listrik dari power supply ke komponen-komponen di dalam kotak CPU seperti mainboard, harddisk, dan lain-lain.

b). Port USB
Jenis port USB (port universal serial bus) digunakan sebagai tempat menancapkan konektor USB. Port ini biasa digunakan untuk menghubungkan casing dengan printer, flash disk, external hard disk, dan scanner. Keyboard dan mouse yang diproduksi akhir-akhir ini menggunakan port USB pula. Di pasaran dikenal beberapa jenis port USB, misalnya port USB type A, port USB type B, port USB mini-A, dan port USB mini-B.

c). Port Printer/ Parallel Port
Jenis port ini digunakan untuk menghubungkan printer dengan casing. Printer yang menggunakan port ini biasanya berupa printer model LPT/1.

d). Port Monitor/ VGA Port
VGA (Video Graphics Array) port digunakan untuk menghubungkan casing dan monitor. Konektor dan port VGA dapat terpasang kuat karena konektor VGA disertai baut pengencang.

e). Port Keyboard and Mose/ PS2 Port
menghubungkan mouse serta keyboard. Mouse dan keyboard yang menggunakan port jenis ini disebut mouse PS/2 dan keyboard PS/2. Port PS/2 masih banyak digunakan meskipun sekarang telah beredar mouse serta keyboard yang menggunakan konektor USB. Letak port untuk keyboard berdampingan dengan port mouse. Untuk membedakan dua port ini, perhatikan warna port. Port untuk keyboard berwarna ungu, sedangkan port untuk mouse berwarna hijau muda.

f). Port Jaringan
Port jenis Ethernet digunakan untuk membangun jaringan. Jaringan yang terbentuk dapat berupa jaringan lokal maupun internet.


2. Motherboard



  Motherboard adalah sebuah board induk atau sebuah papan induk dimana sebuah perangkat computer bisa dipasang di dalamnya. Mulai dari sebuah memory, slot, processor dan banyak lagi yang lainnya. Sebuah motherboard sama pentingnya dengan sebuah processor pada komputer. Apabila sebuah fungsi motherboard rusak akan menyebabkan kinerja sebuah komputer jadi tidak menjadi maksimal. Sebab itu memilih motherboard yang bagus bisa sangat mempengaruhi sebuah kinerja dari komputer itu sendiri. Sedikit mengeluarkan biaya lebih banyak akan lebih baik ketimbang membeli motherboard dengan harga murah namun mudah rusak, dan sebaiknya sesuaikan juga motherboard dengan perangkat tambahan lain pada computer, agar perangkat atau komponen-komponen itu cocok dan bisa dipasang pada soket yang terdapat pada motherboard.

3. Harddisk
















  Harddisk atau Harddrive adalah media tempat penyimpanan data. Harddisk biasanya terpasang dan menyatu dalam CPU. Struktur internal harddisk terdiri dari tiga bagian utama, yaitu piringan magnetik, bagian mekanis, dan head untuk membaca data. Piringan magnetik ini berfungsi untuk menyimpan data, sedangkan bagian mekanis memutar piringan tersebut. Satuan kapasitas harddisk adalah byte. Semakin besar kapasitas harddisk semakin banyak pula data-data yang dapat disimpan. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, ikut mempengaruhi perkembangan kapasitas harddisk. Saat ini, ukuran harddisk dipasaran bervariasi mulai dari 80 GB, 120 GB, 160 GB, 250 GB, 500 GB, hingga 1 Tera. Kecepatan putar motor harddisk juga bervariasi, mulai dari 5400 Rpm, 7200 Rpm, dan yang lebih tinggi menyesuaikan kapasitas harddisk.

4. Mikroprosesor
















   Mikroprosesor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Mikroprosesor merupakan hasil dari pertumbuhan semikonduktor. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.

5. Power Supply














  Power Supply adalah sebagai alat atau perangkat keras yang mampu menyuplai tenaga atau tegangan listrik secara langsung dari sumber tegangan listrik ke tegangan listrik yang lainnya. Power supply biasanya digunakan untuk komputer sebagai penghantar tegangan listrik secara langsung kepada komponen-komponen atau perangkat keras lainnya yang ada di komputer tersebut, seperti hardisk, kipas, motherboard dan lain sebagainya. Power supply memiliki input dari tegangan yang berarus alternating current (AC) dan mengubahnya menjadi arus direct current (DC) lalu menyalurkannya ke berbagai perangkat keras yang ada dikomputer kita. Karena memang arus direct current (DC)-lah yang dibutuhkan untuk perangkat keras agar dapat beroperasi, direct current biasa disebut juga sebagai arus yang searah sedangkan alternating current merupakan arus yang berlawanan.

6. RAM



  











  RAM(Random Acces  Memory) adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer. Berikut adalah jenis-jenis dari RAM : 
  • RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
  • SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
  • SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM.
  • EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.

7. Kary Grafis(VGA)



  













  Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.


  Demikian dari postingan Saya kali ini , terima kasih telah menyimak, semoga bermanfaat untuk kalian semua jika ada yang kurang tolong di tambah dengan saran dan jika ada yang salah tolong di maafkan. Terima kasih.


Posting Komentar

 
Top